-->

Modal Masa Depan

Oleh: Alfa RS.

Ketika mencoba melirik masa depan, terlebih bagi yang merasa dirinya pas-pasan, tentu sedikit ada rasa kekhawatiran. Wajar. Apalagi di zaman sekarang, ketika keinginan selalu berkenaan dengan yang ’wah’. Terbukti, hanya segelintir orang saja yang mau ’berusaha dari bawah.’

Nah, tulisan ini sekedar opini penulis ketika merenungkan hal tersebut. Koreksi dari pembaca sangat penulis hargai, karena penulispun belum siap kalau harus ’berusaha dari bawah.’ Namun dengan tulisan ini, penulis sekedar berusaha mempersiapkan diri jikalau akhirnya harus mengalami ’berusaha dari bawah’.


Sebenarnya, untuk menjadi sosok yang siap ’berusaha dari bawah’, sepertinya kita hanya memerlukan tiga hal. Pertama, kemampuan.

Kehidupan manusia yang semakin modern, tentunya sebanding dengan kebutuhannya. Maka sudah barangtentu memberikan banyak ruang untuk berkreasi. Disana-sini, sebenarnya banyak hal yang bisa dijadikan ’senjata’ untuk meraih sukses hari esok. Dari sekian banyak hal tersebut, pilihlah satu hal yang menurut pribadi kita mampu untuk menguasainya. Kuasai hal itu dengan matang.

Setelah kemampuan itu kita dapatkan, hal kedua yang kita butuhkan adalah kemauan. Kemauan untuk mengasah dan melestarikan kreatifitas yang telah kita dapatkan.

Jujur, bangsa kita sebenarnya adalah bangsa yang hebat. Banyak putra putri bangsa yang unggul diberbagai bidang. Namun, sedikit sekali yang punya keberanian untuk menunjukkan keunggulannya itu. Seakan enggan untuk memulai hal baru yang lebih menantang. Yang ada hanya berlomba mengekor pada kreatifitas yang lain.

Dan ketika kemauan itu sudah terbentuk, butuh sebuah keberanian untuk siap jatuh dan jatuh lagi. Karena memang kesuksesan tidak datang tanpa hambatan. So, kemampuan, kemauan dan keberanian adalah tiga hal yang harus kita miliki mulai saat ini sebagai modal masa depan. Meskipun toh hanya sekedar keinginan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post